Selasa, 30 Oktober 2012

EXPRESSO -juara 1 lomba bulan bahasa- SMA Santa maria 2 BANDUNG



Dalam rangka memperingati hari 'Sumpah Pemuda' yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, SMA Santa Maria 2 Bandung mengadakan acara yaitu bulan bahasa. Acara ini diisi dengan berbagai macam perlombaan yang diikuti setiap kelas yang mengirimkan masing-masing perwakilan kelasnya. Lomba yang diadakan adalah sebagai berikut :

  1. Dongeng bahasa sunda.
  2. Dongeng bahasa Indonesia.
  3. Story telling.
  4. Poetry reading.
  5. Musikalisasi puisi.
  6. Putra putri Indonesia.
  7. Paduan suara.

1. Dongeng Bahasa Indonesia.

Setiap kelas diwakili oleh 1 siswa. Siswa membawakan sebuah dongeng dengan menggunakan bahasa Indonesia. Dalam memperingati hari sumpah pemuda, SMA Santa Maria 2 bertujuan untuk menghormati bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Karena 'Sumpah Pemuda'lah Bahasa Indonesia resmi menjadi bahasa persatuan NKRI.

2. Dongeng bahasa sunda.


Setiap kelas diwakili oleh 1 siswa. Siswa membawakan sebuah dongeng dengan menggunakan bahasa Sunda. Kenapa bahasa Sunda? karena SMA Santa Maria 2  bertempat di tatar Sunda sehingga SMA Santa Maria 2 menghargai dan membudidayakan bahasa daerah yang dewasa ini banyak ditinggalkan oleh masyarakat khususnya generasi muda. Kreatifitas siswa berhenti pada membawakan dongeng tetapi siswa dituntut untuk kreatif mengolah dongeng yang dibawakan menjadi menarik. Misalnya dengan menggunakan kostum, alat peraga, dan berbagai properti lainnya tergantung kreatifitas siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar